Aku mengamati semua sahabat, dan tidak menemukan sahabat yang lebih baik daripada menjaga lidah. Saya memikirkan tentang semua pakaian, tetapi tidak menemukan pakaian yang lebih baik daripada takwa. Aku merenungkan tentang segala jenis amal baik, namun tidak mendapatkan yang lebih baik daripada memberi nasihat baik. Aku mencari segala bentuk rezki, tapi tidak menemukan rezki yang lebih baik daripada sabar. (Khalifah ‘Umar)

Telah berkata Abdullah bin Aun Al-Bashri Rahimahullah:
“Jika hawa nafsu telah menguasai hati, maka seseorang akan menganggap baik sesuatu yang buruk”

Sabtu, Mei 23, 2009

Sabar dan Tawakal

Dalam hidup ini cobaan dan permasalahan datang silih berganti. Selesai satu permasalahan datang permasalahan yang lain, dan egitu seterusnya. Bahkanterkadang kita berprasangka, seakan masalah yang kita hadapi tak kunjung usai. Dalam kondisi seperti ini wajarlah kalau kita sering bertanya, seperti yang dikisahkan dalam Al Qur'an surat Al Baqarah:214 ,

"Kapan datangnya pertolongan Alloh itu?"

Alloh menjawab:

"Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Alloh itu sangatlah dekat."

Ketika masalah atau cobaan hidup itu telah mencapai puncaknya, maka barulah kita tahu bahwa sesungguhnya Alloh SWT itu sangat cinta kepada orang-orang yang beriman. Kita baru sadar dan melihat betapa pertolongan Alloh itu diberikan, dan itu tidak selalu persis sesuai dengan yang kita inginkan.

Harus kita yakini bahwa pertolongan Alloh SWT pasti datang, tetapi melalui proses:
1. Usaha dan ikhtiar yang tak kenal putus/tidak kenal lelah.
2. Zikir dan doa yang tidak boleh lepas dari aliran darah, setiap gerak dan kesibukan.
3. Situasi benar-benar mencapai puncaknya yang hampir parah.

Banyaklah membaca sejarah para nabi dan renungkan!
Bagaimana Alloh memberikan pertolongan kepada para Nabi, para Rasul, para Wali Alloh, dan orang-orang yang dicintaiNya (orang-orang yang beriman).

Pertolongan apa yang dialami oleh para Nabi dan Rasul serta orang-orang yang beriman bukanlah terjadi dengan "SIM SALABIM". Pertolongan Alloh akan datang melalui proses keimanan yang tinggi dan ketakwaan yang mantap, serta usaha yang tak kenal lelah, dasari rasa cinta yang sangat tinggi kepada Alloh dan tidak syirik, serta di barengi dengan T-8:

1. Tafakur
2. Tenang
3. Tahan
4. Tabah
5. Tekun
6. Teliti
7. Tanggulangi
8. Tawakal kepada Alloh.

Bagi kita yang hidup bermasalah (penuh cobaan), hadapilah dengan sabar yang mengandung unsur T-8 tersebut, baik permasalahan yang berhubungan dengan pihak lain maupun dengan diri pribadi, keluarga/rumah tangga.

Tidak ada komentar: