Aku mengamati semua sahabat, dan tidak menemukan sahabat yang lebih baik daripada menjaga lidah. Saya memikirkan tentang semua pakaian, tetapi tidak menemukan pakaian yang lebih baik daripada takwa. Aku merenungkan tentang segala jenis amal baik, namun tidak mendapatkan yang lebih baik daripada memberi nasihat baik. Aku mencari segala bentuk rezki, tapi tidak menemukan rezki yang lebih baik daripada sabar. (Khalifah ‘Umar)

Telah berkata Abdullah bin Aun Al-Bashri Rahimahullah:
“Jika hawa nafsu telah menguasai hati, maka seseorang akan menganggap baik sesuatu yang buruk”

Jumat, Februari 13, 2009

Renungan seorang teman

Kubur sertiap hari menyerukan manusia sebanyak 5 ( lima ) kali :


1. Aku rumah yang terpencil, maka kamu akan senang dengan selalu membaca Al-Qur'an
2. Aku rumah yang gelap, maka terangilah aku dengan selalu shalat malam.
3. Aku rumah yang penuh dengan tanah dan debu, maka bawalah amal sholeh yang menjadi
hamparan.
4. Aku rumah ular berbisa, maka bawalah amalan Bismillah sebagai penawar.
5. Aku rumah pertanyaan Munkar dan Nakir, maka banyaklah bacaan "Laa illahailallah,
Muhammadar Rasulullah", supaya kamu dapat jawaban kepadanya.

Empat
jenis racun dan empat penawarnya :
1. Dunia itu racun, zuhud itu obatnya.
2. Harta itu racun, zakat itu obatnya.
3. Perkataan yang sia-sia itu racun, zikir itu obatnya.
4. Seluruh umur itu racun, Ramadhan itu obatnya.

Nabi Muhammad S.A.W bersabda :
Ada 4 dipandang sebagai 'Ibu' yaitu :
1. Ibu dari segala OBAT adalah SEDIKIT MAKAN.
2. Ibu dari segala ADAB adalah SEDIKIT BERBICARA.
3. Ibu dari segala IBADAT adalah TAKUT BUAT DOSA.
4. Ibu dari segala CITA-CITA adalah SABAR.

Tidak ada komentar: