Aku mengamati semua sahabat, dan tidak menemukan sahabat yang lebih baik daripada menjaga lidah. Saya memikirkan tentang semua pakaian, tetapi tidak menemukan pakaian yang lebih baik daripada takwa. Aku merenungkan tentang segala jenis amal baik, namun tidak mendapatkan yang lebih baik daripada memberi nasihat baik. Aku mencari segala bentuk rezki, tapi tidak menemukan rezki yang lebih baik daripada sabar. (Khalifah ‘Umar)

Telah berkata Abdullah bin Aun Al-Bashri Rahimahullah:
“Jika hawa nafsu telah menguasai hati, maka seseorang akan menganggap baik sesuatu yang buruk”

Sabtu, Januari 01, 2011

Janganlah Memaksa

Seorang nenek sedang berjalan-jalan dipinggir pedesaaan dengan menggandeng cucunya. Dalam perjalanan sang cucu menemukan seekor kura-kura. Anak itu mengambil kura-kura tersebut, sambil mengamatinya. Kura-kura tersebut segera menarik kaki dan kepalanya masuk kedalam tempurungnya. Sang anak mencoba menarik dengan paksa kaki kura-kura itu agar keluar.

"Cara tersebut tidak akan pernah berhasil nak." kata Sang nenek kepada cucunya. "Saya akan mencoba mengajarimu, Nak.",kata sang Nenek kembali

Mereka pun berjalan pulang. Sesampainya di rumah, Sang Nenek meletakkan kura-kura di dekat perapian. Tidak lama kemudian, kura-kura tersebut mengeluarkan kaki dan kepalanya sedikit demi sedikit. Kura-kura tersebut kemudian bergerak mendekati cucu nenek tersebut.

"Janganlah mencoba memaksa melakukan segala sesuatu, Nak", nasihat sang Nenek. Berilah keramahan dan kehangatan, maka ia akan menanggapinya.

Tidak ada komentar: